Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Kiwi


Buah kiwi biasanya sering kita jumpai pada bulan Ramadhan. Buahnya dapat kita jadikan untuk pelengkap soup buah dan jus minuman segar untuk kita nikmati saat berbuka puasa. Buah kiwi sendiri masih jarang dibudidayakan oleh petani di negara kita. Berikut adalah panduan cara budidaya tanaman buah kiwi.

Persiapan lahan budidaya
Persiapan lahan dapat kita mulai dengan membersihkan tanah dari gulma yang mengganggu tanaman. Setelah dirasa cukup bersih,langkah berikutnya adalah menggemburkan bagian tanah yang akan di jadikan lahan tanam. Setelah kita gemburkan,lapisan atasnya dapat  kita berikan pupuk kandang/kompos. Jika kita ingin menyesuaikan keasaman tanah,dilakukan dengan cara pemberian kapur dengan pupuk kapur (dolomit),pada area tanah yang sudah kita gemburkan.

sebelum dilakukannya proses penanaman tanaman kiwi adalah membuat lubang tanam dengan jarak kurang lebih 2 meter x 2 meter. Pengolahan,pemupukan,pengapuran,serta juga pembuatan lubang tanam harus sudah selesai 2 minggu sebelum tanam kiwi kita tanam.

Penyemaian bibit tanaman buah kiwi
Untuk mempercepat dalam proses pembenihan,biji buah kiwi kita rendam dahulu dalam air hangat,kemudian kita keringkan. Selanjutnya benih dibungkus dengan tisu atau kapas dan biarkan sekitar satu malam.

* Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Budidaya Belimbing Manis 

Langkah-langkah Penyemaian Bibit
Media tanam yang baik untuk pembibitan tanaman kiwi adalah tanah humus.
Kemudian,setelah biji dibungkus selama satu malam lalu tebarkan ke media tanam tanah humus.
Diamkan selama kurang lebih 10 hari.
Biji akan mulai berkecambah dan tumbuh akar pada biji kiwi yang kita tebar.
Perlu diperhatikan juga bahwa selama proses penyemaian benih harus diberikan naungan guna menghindari paparan sinar matahari secara langsung.
Jika benih kiwi sudah tumbuh daun dan akar,kita dapat membuat naungan yang sudah kita buat tersebut menjadi transparan supaya calon bibit tanaman kiwi bisa terkena langsung paparan sinar matahari.

Penanaman bibit buah kiwi
Setelah bibit kiwi tumbuh daun,kita bisa memindahkannya ke dalam pot sampai kira-kira cukup besar untuk bisa ditanam pada tanah lahan budidaya.
Setelah bibit tanaman kiwi cukup besar dan sudah diperkirakan dapat tumbuh,langsung saja kita tanam dalam lubang tanam yang sudah kita buat sebelumnya.
Kemudian tutup dengan tanah kompos secara merata dan lakukan penyiraman.
Disarankan penanaman dilakukan pada saat pagi atau sore hari.
Perhatikan juga setelah bibit kita tanam jangan sampai tergenang air.

* Baca Juga : Teknik Budidaya Durian Agar Cepat Berbuah 

Pemeliharaan tanaman buah kiwi
Untuk tumbuhnya pohon kiwi perlu diperhatikan bahwa struktur tanah yang dibutuhkan haruslah kuat,karena tanah lahan tanam akan menahan beban yang sangat berat dari pohon kiwi ketika berbuah.

Langkah-langkah pemeliharaan tanaman
Penyiraman tanaman kiwi secara teratur pada pagi dan sore hari.
Pemupukan tanaman kiwi secara berskala dan sesuai dengan kebutuhan.
Penyuburan tanah secara teratur.
Pembersihan gulma yang mengganggu tanaman.
Pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman kiwi dengan penyemprotan fungisida,dll.
Pengemburan kembali tanah dengan pemberian kompos.
Selain hal-hal diatas,juga pemeliharaan bunga dan membantu proses penyerbukan dengan sikat lembut sehingga lebih banyak pembuahannya.

Panen 
Buah Kiwi dapat kita panen tergantung pada kondisi cuaca. Pada umumnya buah dapat dipanen dengan cepat dengan waktu antara 3-4 bulan. Guna menghindari kerusakan pohon buah kiwi.Pemanenan kita gunakan gunting untuk memotong tangkai pada buah kiwi

Demikian artikel tentang Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Kiwi semoga artikel ini bermanfaat bagi yang ingin melakukan Budidaya Buah Kiwi :)

CV.LIM CORPORATION menyediakan plastik mulsa hitam perak berkualitas, untuk info pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 (SMS/CALL/WA).

Demikian artikel tentang Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Kiwi semoga artikel ini bermanfaat bagi yang ingin melakukan Budidaya Buah Kiwi :)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama