Metode Unik Dalam Budidaya Tanaman Kantong Semar

         Kantong semar (Nepenthes) merupakan kelompok tanaman hias yang cukup banyak dibudidayakan. Selain coraknya yang menawan, tanaman ini juga cukup unik sehingga menarik perhatian orang untuk membudidayakannya. Bahkan tanaman kantong semar juga mempunyai sebagian manfaat seperti :
  • Batangnya dapat digunakan untuk mengobati demam dan batuk.
  • Akar kantong semar dapat digunakan sebagai obat penyakit desentri.
  • Daunnya kapabel menyembuhkan sakit kulit serta barier darah.
  • Nektar atau cairan di bibir kantong semar dapat digunakan untuk mengobati radang mata dan luka bakar.

         Ada banyak sekali jenis tanaman kantong semar seperti ampullaria, gracillis, reinwardtiana dan masih banyak lagi. Harga tanaman hias kantong semar juga cukup tinggi di pasaran. Indonesia sendiri memang familiar sebagai tempat endemik asal dari tanaman ini. Seandainya Anda beratensi untuk budidaya kantong semar, berikut ini langkah-langkah budidaya kantong semar yang dapat Anda lakukan :

Mencari Benih Kantong Semar 

         Benih tanaman kantong semar yang dapat Anda pilih merupakan ampullaria, gracillis dan reinwardtiana. Seandainya Anda memilih salah satu bibit tersebut maka akan mejadikan tanaman hias kantong semar semakin terlihat bagus. Jadi jangan sampai salah memilih bibit apabila Anda ingin menerima hasil yang terbaik.

Menyiapkan Media Tanam Kantong Semar 

         Media tanam yang diperlukan untuk budidaya kantong semar merupakan tanah dan sekam bakar(arang sekam). Ambil tanah dan sekam yang tidak terlalu padat supaya bibit dapat tumbuh dengan bagus. Media tanam juga tidak boleh terlalu banyak air, apabila Anda ingin menerapkan media tanam yang lain, Anda dapat gunakan cocopeat yang dicampur sekam bakar dengan perbandingan 1:1.

Cara Menanam 

         Untuk menanam tanaman hias kantong semar sangatlah gampang, berikut ini jenis-jenis jenis penanaman :

Menanam Menggunakan Biji

  • Siapkan pot dan isi dengan media yang telah disiapkan, kemudian basahi dengan sedikit air. 
  • Taburkan biji kantong semar pelan ke dalam tanah.
  • Berikutnya tutup pot dengan plastik uv dan berikan lubang kecil dengan menggunakan jarum. 
  • Tunggu dan biji akan bertunas 1-3 minggu, apabila telah bertunas maka Anda dapat memindahkannya ke pot yang baru. 
  • Potonglah ujung pucuk supaya kantong semar pesat tumbuh.

     Tips Dan Trik Dalam Budidaya Ragam Jenis Sayuran



Menanam Menggunakan Stek Batang

  • Langkah pertama pilihlah tanaman hias kantong semar berumur 1 tahun atau yang tingginya telah menempuh 1 meter. 
  • Lalu potong batangnya sampai 15 cm dan sisakan 3 - 4 ruas daun. 
  • Kemudian potong setengah helai daun untuk mencegah terjadinya penguapan dan potong lagi sampai pangkal daun supaya stek dapat masuk. 
  • Berikutnya tanam batang stek dengan polybag ukuran normal yang dasar dindingnya telah dilubangi. 
  • Sebelumnya olesi terutamanya dahulu bagian bawah stek menerapkan pencegah jamur dan hormon pemacu.

Cara Perawatan Kantong Semar 

         Langkah berikutnya dalam budidaya kantong semar merupakan perawatannya. Untuk merawat tanaman kantong semar tergolong gampang, karena tanaman ini tidak memerlukan nutrisi dan pupuk. Tanaman ini akan menerima nutrisi dari serangga yang dicokoknya.

         Oleh karena itu letakkan tanaman kantong semar di luar ruangan yang kira - kira terdapat banyak serangga. Atau Anda dapat menangkap serangga dan meletakkannya pada mulut kantong semar. Perlu Anda ketahui lebih lanjut untuk tanaman kantong semar yang di tanam menerapkan biji, bahwa Anda konsisten memerlukan pupuk yang tidak mengandung ammonium dan urea terlalu tinggi.

         Kemudian untuk mencegah hama Anda dapat menerapkan sedikit pestisida. Untuk sebagian jenis tanaman kantong semar ada yang memerlukan cukup sinar dan ada yang tidak. Jadi Anda mesti mahir mengenal apa saja kelemahan jenis tanaman kantong semar tanaman yang dibudidayakan.

Adapun sebagian jenis tanaman hias kantong semar yang dapat Anda budidayakan merupakan :
Nepenthes Khasiana

         Ini merupakan spesies kantong semar yang cuma tumbuh di India. Banyak orang yang membudidayakan tanaman ini karena sangat unik dan berbeda dengan tanaman lainnya.

Nepenthes Truncata

         Adalah salah satu jenis tanaman kantong semar yang tumbuh di pulau Mindanao, Filipina. Nepenthes Truncata tumbuh di ketinggian 0 - 1500 mdpl. Pernah ditemukan tanaman hias ini menangkap tikus sebagai mangsanya karena kantongnya mempunyai ukuran yang besar.

Nepenthes Ampullaria

         Nepenthes Ampullaria merupakan satu-satunya jenis tanaman kantong semar vegetarian. Karena tanaman jenis ini tidak mempunyai nektar di bibir kantongnya sehingga jarang ada serangga yang terpeleset. Lazimnya benda-benda yang pernah ditemukan di dalam kantongnya cuma berupa air dan dedaunan kering. Namun Nepenthes Ampullaria konsisten memangsa serangga untuk mencukupi nutrisi yang diperlukannya.

Nepenthes Reinwardtiana

         Adalah jenis tanaman kantong semar yang habitatnya sangat banyak di Indonesia. Lazimnya Nepenthes Reinwardtiana ditemukan di Kalimantan dan Sumatra. Ukuran kantongnya lumayan besar, dapat menempuh 15 cm dan tanaman ini dapat tumbuh lebih besar lagi apabila perawatannya lebih maksimal.

Nepenthes Rafflesiana

         Nepenthes Rafflesiana mempunyai ukuran kantong lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Tanaman kantong semar jenis ini dapat ditemukan di Singapura, Malaysia, Sumatra dan Kalimantan.

Nepenthes Maxima

         Kantong semar yang satu ini merupakan tanaman yang sangat melegenda karena bentuk kantongnya lebih besar dari jenis lainnya. Terutamanya di Indonesia pernah ditemukan kantong semar jenis Nepenthes Maxima yang memegang rekor karena mampu menampung air sebanyak 1,5 liter. Kantong semar jenis ini dapat ditemukan di Papua, Maluku, dan Sulawesi.

Nepenthes Aristolochiodes

         Tanaman kantong semar Nepenthis Aristolochiodes tumbuh di tempat Jambi dengan ketinggian 2000 meter diatas laut. Tanaman ini mempunyai bentuk yang unik dan berbeda dari jenis lainnya. Bahkan uniknya lagi bagian pembuka kantong penjebaknya berbentuk vertikal dan ada penutup di depannya.

Nepenthes Villosa

         Nepenthes Villosa di Gunung Kinabalu dan Gunung Tambuyukan Kalimantan  ini tumbuh pada ketinggian yang lebih tinggi daripada spesies Nepenthes Borneo lainnya, terdapat pada ketinggian di atas 3.300 m.

Nepenthes Gymnamphora

         Nepenthes Gymnamphora lazimnya ditemukan di Jawa dan Sumatra. Kata Gymnamphora berasal dari bahasa Yunani merupakan gymnos (berleher) dan amphoreus (kantong). Oleh karena itu tanaman kantong semar ini diketahui dengan kantong semar berleher.

Nepenthes Diatas

         Tanaman yang banyak ditemukan di Sumatra ini tumbuh pada ketinggian 2400 - 2900 mdpl. Banyak orang yang ingin membudidayakan kantong semar jenis Nepenthes Diatas ini karena formatnya yang sangat unik.

         Macam tanaman kantong semar memang banyak sekali dan ada yang tidak dapat ditemukan di Indonesia. Formatnya juga unik dan berbeda-beda dari satu jenis dengan jenis lainnya. Karena keunikannya hal yang demikian banyak orang yang membudidayakan untuk diwujudkan bisnis ataupun cuma sebagai tanaman penghias. Apakah Anda beratensi untuk membudidayakan tanaman kantong semar?

CV. LIM CORPORATION menyediakan Mulsa Plastik murah berkualitas, untuk info Harga Mulsa Plastik klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 

0852 - 3392 - 5564 / 0812 - 3258 - 4950 / 0877 - 0282 - 1277.
 
Info Tentang Pertanian Dan Perkebunan Hanya di www.pertanian99.com

@ULM


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama