Teknik Jitu Dalam Budidaya Tanaman Cabai Menggunakan Mulsa

       Budidaya Tanaman Cabai cukup banyak digemari oleh petani Indonesia dari dataran rendah hingga dataran tinggi (0 - 1.200 mdpl). Tanaman cabai dapat ditanam di bermacam variasi lahan, seperti lahan sawah dan lahan tegalan / kering. Produktifitas tanaman cabai dengan menggunakan teknologi budidaya tanaman cabai yang total ialah 10,8 ton/ha.

       Cabai umum digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan sebagai bahan baku industri makanan dan obat-obatan. Kandungan Vitamin C pada buah cabai cukup tinggi, hal ini menjadi indikator bahwa cabai di kategorikan sebagai komoditi komersial dan potensial untuk dioptimalkan. Berikut ini langkah-langkah Budidaya Cabai:

1. Pengolahan Tanah 


       Pengolahan tanah bermanfaat untuk mengkoreksi struktur dan porositas tanah,  sehingga ketersediaan air dan udara dalam tanah dapat optimal. Pengolahan tanah pada budidaya cabai dijalankan secara total, ialah pembajakan dijalankan 2x dan penyisiran di lakukan 1 kali.

       Setelah pengolahan tanah 7 - 14 hari, dibuatkan bedengan dengan tujuan untuk memudahkan pembuangan air hujan yang berlebihan, memudahkan pemeliharaan, memudahkan mengabsorpsinya air hujan atau air pengairan, serta menghindari tanah terinjak-injak sehingga menjadi padat.

Ukuran bedengan yang bagus ialah :

Lebar : 110 – 120 cm
Tinggi : 20 – 30 cm
Panjang : disesuaikan dengan keadaan lahan
Serta Jarak antar bedengan 40 - 30 cm

       Saat 70% bedengan kasar terbentuk, dikasih pupuk kandang atau kotoran ayam yang sudah matang sebanyak 1 - 1,5 kg / lubang tanam. Apabila pH tanah dalam keadaan asam lakukan pengapuran sebanyak 100 - 125 gr / lubang tanam.

2. Penyiapan Bibit dan Persemaian 


       Untuk lahan 1 ha membutuhkan benih sekitar 180 gram atau 18 bungkus kemasan yang masing- masing mempunyai berat 10 gram. Ada 2 cara untuk membibitkan cabai ialah disemai di polybag atau di semai segera di bedengan.

       Apabila benih disemai segera di bedengan, terpenting dahulu siapkan bedengan persemaian, kemudian benih di tebar secara berbaris, jarak antar barisan 5 cm dan dikasih naungan dari daun kelapa atau daun pisang. Bibit juga dapat disemai segera dalam polybag kecil yang berukuran 5-8 x 10 cm.

       Sebelum di kecambahkan sebaiknya benih di rendam terpenting dahulu dalam air hangat dengan suhu 55-60 derajat celcius selama 15-30 menit untuk mempercepat proses perkecambahan. Apabila benih sudah siap dimasukan kedalam polybag, sebelumnya polybag diisi dengan campuran 2 bagian tanah halus, 1 bagian pupuk kandang halus, 80 gram NPK dan 75 gram furadan.

       Seluruh bahan dicampur secara merata kemudian dimasukkan ke dalam polybag, selanjutnya benih ditanam dan letakan polybag secara teratur di atas bedengan, dan segera tutup dengan karung goni berair selama 3 hari supaya benih cepat berkecambah.

     Tips Dan Trik Dalam Budidaya Ragam Jenis Sayuran

3. Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak 


       Sebelum pemasangan mulsa plastik, terpenting dahulu dijalankan dengan memberikan pupuk yang mengandung unsur P, mulsa plastik yang akan digunakan ialah mulsa plastik hitam perak (MPHP), pemasangan mulsa plastik sebaiknya dijalankan saat sang surya terik antara jam 14.00 - 16.00. Agar plastik tersebut memanjang atau mengawali, sehingga dapat menutup tanah serapat mungkin.

       Pemasangan MPHP minimal dijalankan oleh 2 orang dengan bagian atas mulsa plastik berwarna perak, tarik kedua ujung mphp, ke masing-masing ujung bedengan. Kemudian dikuatkan dengan pasak bambu berbentuk “V” yang ditancapkan di sisi kiri dan kanan. Tiap jarak 40 - 50 cm. Bedengan yang sudah di tutup MPHP dibiarkan selama 5 hari sebelum penanaman.

4. Penanaman 


       Waktu penanaman yang paling bagus saat Budiaya tanaman cabai ialah pagi atau sore hari, usia cabai yang dapat ditanam ialah 17 – 23 hari, atau tanaman cabai mempunyai daun 2 - 4 helai.

       Sehari sebelum tanam bedengan yang sudah tertutup mulsa plastik hitam perak patut dibuat lubang tanam terpenting dahulu, Jarak tanam cabai ialah 50-60 x 60-70 cm, benih cabai yang sudah siap dipindah dan segera disiram dengan air secukupnya.

5. Pemupukan 


       Pupuk yang sukar larut dan pupuk yang berkerja lambat seperti pupuk yang mengandung unsur P, umumnya dikasih sebelum tanam dan pupuk yang berkerja cepat dan gampang larut, seperti yang mengandung unsur N sebaiknya di berikan sesudah tanaman tumbuh aktif.

Adapun dosis pupuk yang digunakan ialah :

- Urea 150 kg / ha
- Za 50 kg/ha
- SP36 150 kg/ha
- KCl 200 kg/ha

Pemberian pupuk dasar dikasih saat 2-3 hari sebelum tanam dengan semua dosis pupuk SP36.

       Pupuk susulan pertama dikasih pada usia 10 hari sesudah tanam dengan 1/3 masing-masing dosis pupuk Urea, Za dan KCL.

       Pemupukan susulan yang kedua dan ketiga masing-masing pada usia 40 dan 70 hari sesudah tanam, dengan dosis sama dengan pemupukan susulan pertama.

       Waktu pemupukan disesuaikan dengan ketersediaan air dimana ketersediaan air dalam tanah dalam keadaan cukup, pemupukan dijalankan dengan cara di tugal sedalam 5-15 cm kemudian ditutup kembali dengan tanah.

6. Pembatasan Hama dan Penyakit 


       Salah satu situasi sulit utama dan unsur penghalang produksi pada budidaya tanaman cabai ialah serangan hama dan penyakit. Kehilangan hasil imbas serangan hama dan penyakit berkisar antara 15 - 30%. Metode yang paling tepat sasaran untuk memegang hama dan penyakit pada tanaman cabai ialah penggunaan penguasaan hama secara terpadu.

7. Panen 


       Pada Lazimnya tanaman cabai mulai dapat dipanen pada usia 75 - 85 hari sesudah tanam, panen selanjutnya bersela 2 - 3 hari sekali. Sedangkan pada dataran tinggi (pegunungan) panen perdana diawali pada usia 90-100 hari sesudah tanam, selanjutnya pemetikan buah dijalankan 6 - 10 hari sekali. Metode Untuk tanaman cabai yang targetnya ekspor, panen cabai yang dipilih pada tingkat kematangan 85 - 90 % saat cabai berwarna merah kehitaman.

       Metode panen terbaik dengan memetik buah secara hati-hati disaat cuaca terang dan hasil panen masukkan dalam wadah dan selanjutnya dikumpulkan ditempat penampungan.
 
CV. LIM CORPORATION menyediakan Mulsa Plastik murah berkualitas, untuk info Harga Mulsa Plastik klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 

0852 - 3392 - 5564 / 0812 - 3258 - 4950 / 0877 - 0282 - 1277.
 
Info Tentang Pertanian Dan Perkebunan Hanya di www.pertanian99.com

@ULM

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama